Manfaat Kurma Untuk Imun

Dilansir dari wikipedia, sistem imun ataupun sistem imunitas merupakan sel-sel yang terdiri dari banyak struktur biologis yang bertanggung jawab atas imunitas. Arti imunitas adalah pertahanan pada organisme untuk melindungi badan dari pengaruh gangguan biologis luar, proses kerja sistem imun yaitu melalui proses identifikasi patogen dan kemudian menewaskan patogen tersebut. Supaya sistem imun dapat bekerja dengan baik, dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Salah satu cara penerapan poli hidup sehat yang paling mudah adalah menjaga asupan nutrisi dengan memperbanyak makan sayur dan buah segar, seperti buah kurma. Kurma Ajwa ataupun kurma lain merupakan sumber makanan (buah segar) yang kaya akan nutrisi.

Beberapa penelitian tentang dilakukan untuk mengetahui manfaat kurma ajwa ini. Salah satu penelitian berasal dari peneliti King Saud University( KSU) yang berpusat di kota Riyadh. Studi ini untuk meneliti isi serta khasiat dari kurma ajwa buat kesehatan, pada riset ini sudah menghasilkan penemuan yang mengungkapkan bahwa buah ini mempunyai mengandung anti inflamasi yang mirip dengan obat-obatan yang ada di pasaran semacam ibuprofen serta aspirin. Pun, Profesor Muraleedharan Nair kepala laboratorium bahan natural di University of Michigan melakukan kerja sama dengan King saud university untuk meneliti kurma ajwa ini.

Bukti lain, menurutu riset pada tahun 2003 spesialnya yang diterbitkan dalam Internasional Journal of Foof, Science serta Nutrition. Menyebutkan bahwa “kurma bisa dikira bagaikan santapan yang nyaris sempurna, sediakan bermacam berbagai nutrisi berarti serta khasiat kesehatan potensial” bunyi satu di antara hasil riset itu. Riset ini merumuskan kalau kurma memiliki paling tidak 15 mineral, tercantum selenium, suatu elemen yang saat ini dipercaya oleh banyak periset bagaikan agen anti kanker yang kokoh serta penguat imunitas badan. Perihal ini pula menampilkan kalau kurma memiliki 23 tipe asam amino serta sebagian asam lemak tidak jenuh yang lumayan bagus semacam palmitoleat, oleat, linoleat, serta asam linolenat. Kurma dipadati isi mineral, vit, serta fitonutrien yang berguna untuk kesehatan. Kurma memiliki tembaga, zat besi, kalium, magnesium, mangan, banyak vit B6( piridoksin), niacin, asam pantotenat serta riboflavin, vit A, K serta karoten, lutein, serta zeaxanthin. Kurma kaya serat yang sangat berguna buat menolong badan membuang toksin dengan metode yang gampang serta efisien. Dengan makan 3 kurma dalam satu hari saja bisa menciptakan sebagian khasiat kesehatan berikut:

  1. Mempertahankan energi

Serat santapan dalam kurma hendak menolong kita bertenaga lebih lama serta menjauhi gula yang tidak baik.

  1. Melancarkan pencernaan

Kurma merupakan serat larut yang memperlancar pencernaan sekalian menanggulangi diare. Makan beberpa kurma merupakan metode kilat serta efisien buat melenyapkan ketidaknyamanan usus sebab kurma tingkatkan kuman baik di saluran pencernaan.

  1. Menguatkan tulang

Kurma pula bisa menguatkan tulang serta melawan penyakit osteoporosis. Kurma hendak sangat baik disantap kala seorang mulai menua serta tulangnya secara bertahap melemah.

  1. Penyeimbang kandungan besi dalam anemia

Kurma penuh dengan zat besi serta jadi sumber santapan yang sangat baik buat menolong menyeimbangkan kandungan ini pada penderita yang mengidap anemia, yang pada kesimpulannya tingkatkan totalitas tenaga serta kekuatan mereka.

  1. Melindungi jantung supaya senantiasa sehat

Tingginya kandungan potasium dalam kurma sangat baik untu jantung serta sudah ditunjukkan dalam riset bisa menolong kurangi resiko stroke serta penyakit lain yang berhubungan dengan jantung.

  1. Hilangkan alergi

Kurma pula memiliki sulfur organik tingkatan besar, yang dikenal berguna buat kurangi respon alergi.

Serta didalam Hadits Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wassalam bersabda “Barangsiapa komsumsi 7 butir kurma Ajwah pada pagi hari, hingga pada hari itu dia tidak hendak terserang toksin ataupun sihir”. Hadits ini secara khusus mengatakan jumlah 7 butir kurma ajwa, hasil peninjauan kedokteran dari rujukan hadits tersebut membuktikan kalau 7 butir kurma ajwa memiliki 120 kalori. Serta untuk yang telah terbiasa menkonsumsi kurma ajwa secara teratur dengan jumlah 5- 7 butir tiap hari, bisa kurangi efek karsinoma serta bisa melancarkan peredaran darah. Perihal ini disebabkan didalam buah kurma ajwa Kaya hendak nutrisi seprti 30 persen asam folat, 70 persen gula, sulfur, tembaga, protein, dan, kalium serta zat besi.

Kurma ajwa ataupun biasa di sebut kurma nabi merupakan tipe tumbuhan palem dengan nama latin phonex dactylifer, Ini merupakan tipe kurma yang asli dari madinah munawarah saudi arabia. Karakteristik buah kurma ini sedikit berbeda dengan tipe kurma yang lain, wujudnya lebih bundar, tekturnya kenyal ialah tidak lembek serta pula tidak keras, corak kehitaman serta ada goresan bercorak emas di ujung depannya. Dari segi rasa, kurma ajwa ajwa manisnya cocok, legit serta lezat. Mudah-mudahan kurma ajwa bisa menjadi makanan untuk meningkatkan Imunitas, sehigga tubuh kita menjadi lebih sehat dan insya Allah kita semua bisa terhinda dari virus corona atau COVID-19 atas pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Scroll to Top